Hotel Murah Harga Rp 100 ribu-an dan Instagrammable untuk Backpacker di Yogyakarta

Wow! Apa benar ada hotel dengan budget Rp 100 ribu-an di Yogyakarta?

Banyak banget kan yang suka bikin informasi yang nggak sesuai dengan judulnya, ngawur dan click bait. Jangan buru-buru close tab browser kalian, jangan khawatir kalo sudah baca artikel saya yang nggak penting tapi juga penting bagi kantong sobat misqueen. Yogyakarta katanya nih terkenal banget dengan kota yang biaya hidupnya murah bagi wisatawan. Saking populernya dengan harga apapun yang murah, Yogyakarta ini semula jadi Kota Pelajar jadi Kota penuh dengan pelajar yang nggak mau pulang-pulang dan wisatawan yang ketagihan liburan.

Sebagai kota dengan biaya hidup murah, Yogyakarta cocok banget bagi kamu yang mau mulai mencoba bepergian sendirian. Istilahnya solo backpaker ya biar agak keren dikit. Jangan takut kesasar karena orang-orang lokal pun sungguh amat baik hati dan teramat ramah bagi wisatawan yang punya etika. Contohnya saja nih, kamu lagi nyewa motor untuk keliling Yogyakarta tiba-tiba ingin tanya alamat sama orang di pinggir jalan. Etikanya ketika bertanya kamu bisa tepikan motor, turun dari motor lalu menghampiri orang tersebut untuk mendapatkan informasi. Cuy, kamu nggak rugi lho dengan beretika di mana pun kamu berada.

Ok, next!

Saya akan membagikan beberapa daftar Hotel/Hostel/Homestay yang cocok banget untuk backpacker dan sobat misqueen. Karena menurut prinsip jalan-jalan, kalo bisa dapat tempat nginap yang murah kenapa enggak kan? Uang jajannya bisa buat keliling explore Yogyakarta dan beli oleh-oleh satu kresek. Berikut daftar Hotel/Hostel/Homestay-nya:

Happy Buddha Hostel

Hotel ini di kawasan wisatawan banget, lokasinya di daerah Prawirotaman yang bakalan sering kamu temui bule-bule asyik jalan-jalan dan nongkrong. Kalo kamu ingin jalan-jalan dan cari bule, nih lokasi hotelnya memberikan kamu kesempatan untuk tebar pesona. Mulai dari kamar single untuk 1 orang dan juga 2 orang untuk 1 kamar. Dengan harga mulai dari Rp 80.000 (Tanpa AC of course) sampai Rp 250.000 (AC). Range harga tergantung ketersediaan kamar dan promo hotel ya.

Ornamen hotel yang sangat unik penuh dengan spot instagrammable bisa kamu jadikan konten untuk instagram kamu. Yha, liburan kan salah satunya untuk koleksi foto bukan? Kamu bisa cek harga Happy Buddha Hostel di Agoda di sini.

Happy Buddha Hostel

Oke Baik Hostel

Masih Hostel di kawasan Prawirotaman, buat kamu yang mau jalan-jalan di pusat Kota Yogyakarta daerah ini memang strategis. Jika kamu tujuannya untuk berwisata dan mengunjungi lokasi yang bersejarah di sekitar Keraton, Malioboro (Shopping) dan ketemu bule pastinya. Di Hostel ini menyediakan berbagai pilihan buat kamu solo backpacker, ingin menginap di kamar model dorm (share room) dengan backpacker lainnya, kamar ramah untuk keluarga atau pun kamar sendiri. Harga Oke Baik Hostel berada di kisaran Rp 40.000 per malam hingga Rp 200.000. Nggak percaya? Langsung cek aja via Agoda di sini ya.

Oke Baik Hostel

Adhisthana Hotel Yogyakarta

Prawirotaman jadi lokasi populer untuk backpacker yang masih mikir-mikir biaya nginep yang affordable maupun untuk wisatawan yang turah-turah duit, semua komplit disini. Adhisthana Hotel Yogyakarta jadi salah satu Hotel favorit bagi para backpacker. Hotelnya yang nyaman dan juga fasilitas yang di sediakan sesuai dengan harga yang dikeluarkan untuk menginap. Selain bersih, Hotel ini juga sangat instagrammable buat kamu yang haus akan konten feeds instagram.

Seperti penjelasan sebelumnya kalau daerah Prawirotaman ini merupakan pusatnya penginapan untuk wisatawan. Jadi akan sangat banyak kafe, bar, hotel, hostel di daerah ini. Mungkin kamu salah satunya backpacker yang cocok dengan kriteria lokasi seperti ini, langsung saja cek harganya via Agoda disini. Harga di Adhisthana Hotel Yogyakarta mulai dari Rp 120.000, menyediakan kamar dormitory (share room) maupun kamar single dan kamar ramah untuk keluarga. Ada kolam renangnya juga buat yang suka nyebur di kolam.

Adhisthana Hotel

Wakeup Homestay

Nah, kali ini tempat menginap buat kamu yang maunya nggak ribet setelah turun dari Stasiun Tugu. Wakeup Homestay ini lokasinya berada di sekitar Tugu. Mau pagi-pagi Explore Kampung Ketandan (Kampun China di tengah-tengah Kawasan Malioboro) atau jalan-jalan di pedestrian Maliboro pagi-pagi buta. Inilah Homestay yang kalian cari saudara-saudara.

Nggak ketinggalan juga, Wakeup Homestay juga instagrammable nggak kalah sama hotel-hotel mevvah lainnya. Gimana? Sudah cocok dengan kriteria hostel yang kamu cari untuk liburan di Yogyakarta? Harga semalam yang perlu kamu keluarkan hanya sekitar Rp 100.000-Rp 350.000 per malam sesuai dengan pilihan kamar. Kamu bisa cek harganya via Agoda di sini.

Wakeup Homestay

Remen Room Bed and Breakfast

Hotel ini sangat strategis lokasinya, tidak jauh dari pusat kota berada di tangah-tengah kampus UGM, UNY, UPN, Atmajaya dan Sanata Dharma. Cocok nih kalo buat tempat nginep yang mau nyamperin teman yang kuliah di Universitas tersebut. Jemputnya nggak repot dan kamu akan menemukan tempat kuliner-kuliner hits di sekitar hotel.

Kamu tipe orang yang nggak bisa tidur kalo nggak ada camilan? Tenang saja, Remen Room Bed and Breakfast ada cafe dan toko yang jualan camilan. Nggak perlu repot-repot cari minimarket cari camilan-camilan. Dibandrol harga mulai dari Rp 200.000, Remen Room Bed and Breakfast memberikan fasilitas yang oke dan ulasannya pun memuaskan dari tamu. Silakan cek di sini untuk harganya di Agoda.

Remen Room Bed and Breakfast

Selesai juga bikin 5 Hotel/Hostel/Homestay yang bisa kamu jadikan referensi kalo mau liburan ke Yogyakarta. Dari kelima rekomendasi tersebut masing-masing punya kelebihan dan kekurangan ya. Baiknya sebelum booking harus dilihat dulu detail fasilitas yang disediakan dengan harga yang sudah kamu pilih. Tergantung juga tujuan kamu berlibur ke Yogyakarta akan Explore di daerah Utara, Selatan, atau cukup di Tengah Kota menikmati keramaian Yogyakarta?

Semoga daftar daftar Hotel/Hostel/Homestay yang sudah saya rangkum bisa memudahkan kalian untuk memutuskan memilih penginapan. Semoga liburan kalian menyenangkan ya, see you!

Tinggalkan komentar